Kamis, 19 Februari 2015

SYUKUR

Terkadang tanpa disadari kita sering kali kurang mensyukuri nikmat yang telah Allah beri kepada kita. Bahkan ada diantara kita yang tidak bisa menghargai dirinya sendiri, selalu meluangkan waktu untuk melirik kehidupan orang lain tanpa pernah berkaca pada diri sendiri dan merasa cukup dengan apa-apa yang terdapat pada dirinya. Yap..saya pun juga termasuk manusia hina yang setiap detiknya terkadang pernah atau mungkin sering terbesit rasa iri kepada orang lain. Sampai suatu ketika, teman saya pernah bertanya kepada saya, “Rissa, kamu tau ga apa sih makna dari if you want the respect of others, you must respect yourself first.. artinya mah tau tapi maknanya itu loh sulit untuk dipahami..” (kurang lebih seperti itu yang ia tanyakan).

Kata mutiara yang sangat indah untuk diresapi bukan? Makna dari quotes tersebut menurut saya pribadi adalah ketika kita ingin dihargai oleh orang lain, maka terlebih dahulu kita harus menghargai diri kita sendiri sebab banyak orang yang tidak menghargai dirinya dan merasa dirinya tidak berguna lalu menghargai orang lain. Yang terjadi adalah apa? Orang yang ia hargai bisa jadi tidak menghargai balik orang tsb karena bagaimana ia mau menghargai orang yang menghargainya, kalau saja orang tersebut selalu merasa dirinya rendah. Jadi.. mulai lah dari hal yang terkecil.. hargai dan syukuri apa yang kita miliki saat ini, jangan selalu melirik keatas sehingga hal itu malah membuat diri kita hina dan tak berharga.

Sebab Rasulullah SAW bersabda:
“Jika salah seorang diantara kalian melihat orang yang lebih darinya dalam harta dan ciptaan, maka hendaklah ia memandang orang yang lebih rendah darinya dalam hal harta dan ciptaan.” [HR. Muslim, Thabrani, Ahmad, dan Ibn Hibban]
Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda:
“Lihatlah kepada orang yang lebih rendah dari kalian dan jangan kalian melihat kepada orang yang lebih dari kalian karena hal itu melindungi agar kalian tidak memandang rendah nikmat Allah terhadap kalian.” [HR. At-Thabrani, al-Mu'jam al-Aswath, 3/21, hadits no. 2343]
Sungguh teman.. bersyukur terhadap semua yang telah Allah berikan kepada kita akan membuat hati kita merasa tentram. Syukur itu akan ada bagi orang-orang yang merasa cukup. Mulai dari sekarang, sayangilah diri sendiri, seperti engkau ingin disayangi oleh orang lain. Jangan pernah merasa bahwa diri kita tidak berarti apa-apa, karna setiap apa-apa yang diciptakan oleh Allah tentu memiliki maksud dan tujuan. Syukur itu nikmat.


Ana uhIbbuki fillah.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar